MANAJEMEN
PEMASARAN
Pengertian manajemen pemasaran dan
fungsinya –
Manajemen pemasaran jika kita perhatikan kata tersebut berasal dari dua kata
yang pertama kata “manajemen” dan yang kedua kata “pemasaran”, jadi pengertian
manajemen pemasaran berasal dari gabungan dua pengertian.
A.
Penjelasan manajemen pemasaran
Kata manajemen sering di definisikan
sebagai sebuah proses rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan dan controlling (pengawasan) yang dilakukan untuk mencapai
target atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, dan definisi pemasaran
yaitu suatu kegiatan didalam perekonomian yang dapat membantu menciptakan nilai
ekonomi, nilai tersebut menentukan harga produk atau jasa. Faktor terpenting
dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Jadi
pemasaran merupakan penghubung antaran kegiatan produksi dan konsumsi.
Jadi yang dimaksud dengan manajemen pemasaran adalah
proses merencanakan, penganalisaan, pelaksanaan, mengimplementasikan dan controlling
(pengawasan) atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan
supaya dapat tercapainya target atau tujuan perusahaan secara lebih efesien dan
efektif. Itulah definisi manajemen pemasaran secara umum, lalu fungsi manajemen
pemasaran sendiri seperti meliputi riset pembeli atau konsumen, pengembangan
produk, komunikasi dan promosi, strategi distribusi, penetapan harga dari
produk dan pemberian pelayanan pada konsumen. Tentunya semua kegiatan ini
dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumenB.Penertian Manajemen Menurut Para Ahli
- Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
- Philip Kotler/Armstrong (2002) – Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.
C.Unsur Manajemen Pemasaran
Terdapat 3 (tiga) unsur yang penting
dalam manajemen pemasaran diantaranya sebagai berikut:
1. Orientasi pada konsumen atau pembeli
Umumnya
produsen menghasilkan produk untuk upaya memenuhi kebutuhan dan kepuasan
konsumen, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Konsumen ialah orientasi
paling utama yang harus di pertimbangkan dalam segala macam bentuk strategi
bisnis. Demikian juga dalam proses marketing atau penjualan, maka dalam bisnis
selalu mengedepankan pihak konsumen yang merupakan strategi dari bagian konsep
pemasaran yang perlu di perhatikan. Sebab konsumen bisa di bilang sebagai raja,
dan pihak produsen atau perusahaan adalah pelayan yang harus melayani kebutuhan
raja (konsumen) yaitu dengan berbagai macam tawaran yang menarik, baik itu dari
segi produk yang dihasilkan maupun dari segi pelayanan yang di sediakan.
Manajemen pemasaran menyetujui konsep pemasaran yang terbaik dengan menjadikan
konsumen sebagai prioritas yang paling utama.
2. Perencanaan kegiatan-kegiatan pemasaran secara
menyeluruh
Manajemen
pemasaran menyetujui adanya pengaturan secara dinamis sebagi bentuk penyusunan kegiatan-kegiatan
dari pemasaran secara menyeluruh. Segala keperluan dalam bidang pemasaran,
strategi, implementasi, penganalisaan, controlling (pegawasan) dan
lain-lain yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran harus dilakukan secara
tersusun, dan diatur secara rinci atau detail dan jelas, sehingga bisa
mempermudah dalam proses pelaksanaan dan contolling (pengawasan).
Manajemen pemasaran menyetujui suatu upaya yang sistematis yang jelas sehingga
dapat dilakukan penganalisaan dan controlling (pengawasan) terhadap
hasil yang di dapat. Evaluasi terhadap suatu manajemen pemasaran salah satunya
juga di dasarkan atas kegiatan penyusunan secara menyeluruh tersebut.
3. Kepuasan konsumen
Kepuasan
konsumen menjadi unsur yang penting juga yang harus di perhatikan dalam
menyusun strategi pemasaran. Manajemen pemasaran yang bagus yaitu menyetujui
adanya hasil keputusan para konsumen yang maksimal sebagai akibat dari proses
pemasaran yang berjalan. Kepuasan dari konsumen tidak hanya diukur dan dilihat
dari bagaimana kualitas produk yang dihasilkan, akan tetapi dari bagaimana cara
maupun starategi pemasaran yang dijalankan.
D. Tugas Manajemen
Dalam
hal ini manajer memiliki banyak pekerjaan yang bisa di lihat dari segi fungsi
manajemen yang dijalankan di bidang pemasaran, yaitu bagaimana proses manajemen
tersebut di jalankan untuk dapat menubah sumber daya manjadi suatu produk yang
nantinya dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Keinginan konsumen
sangatlah beragam dan selalu berubah-ubah serta tak semuanya bisa terpenuhi.
Kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi ini biasanya menjadi suatu keuntungan
atau peluang bagi pembisnis yang perlu di manfaatkan.
Tugas
manajer pemasaran bisa di tinjau dari segi fungsi manajemen yang dilakukan
dalam bidang pemasaran, yaitu bagaimana proses manajemen tersebut dijalankan
untuk dapat menubah sumber daya menjadi produk yang nantinya dapat memenuhi
kebutuhan konsumen, tugasnya diantaranya seperti di bawah ini:
- Mempelajari kebutuhan maupun keinginan dari konsumen.
- Mengembangkan suatu konsep produk atau barang yang ditujukan untuk kebutuhan dan kepuasan konsumen atau pasar.
- Membuat desain produk dan mengembangkan pembungkusan maupun merk.
- Menetapkan harga supaya memperoleh Return on investment yang layak.
- Mengatur distribusi dan memeriksa penjualan.
- Dan menciptakan komunikasi pemasaran yang baik, dengan memakai media atau cara lain yang terpenting caranya tepat.
E. Beberapa istilah yang sangat penting dalam konteks pemasaran
- Produk (barang, jasa, ide); Segala hasil kerja manusia yang dapat ditawarkan kepada manusia lainnya baik berupa barang, jasa atau ide. Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu terbaik, kinerja terbaik dan sifat terbaik sehingga perusahaan harus memfokuskan diri pada perbaikan produk yang terus menerus, menyukai produk yang mudah diperoleh dan sangat terjangkau karenanya manajemen harus berfokus pada perbaikan efisiensi produksi dan distribusi.
- Nilai; Perkiraan konsumen atas suatu produk untuk kepuasan mereka, apa yang dirasakan / diinginkan, perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut.
- Biaya; Harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi
- Kepuasan; Seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara harapan dan kenyataan), Kepuasan (customer satisfaction): tingkatan dimana kinerja yang dirasakan (perceived performance) poduk akan sesuai dengan harapan seorang pembeli atau tidak
- Pasar; Tempat yang berisi semua pelanggan potensial yang berniat untuk transaksi terhadap suatu produk.
F. Perencanaan Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) adalah proses menentukan
target pasar dengan strategi bauran pemasaran yang terkait dimana:
- Target Market; adalah sekelompok pelanggan homogen atau pasar yang ingin dilayani permintaannya oleh perusahaan.
- Bauran Pemasaran (Marketing Mix); adalah variabel-variabel yang disusun oleh perusahaan dalam rangka untuk memuaskan target market tersebut. Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem saluran distribusi. Variabel-variabel marketing mix ini dapat dipakai sebagai dasar untuk mengambil suatu strategi dalam usaha mendapatkan posisi yang sangat strategis dipasar.
SUMBER:
No comments:
Post a Comment