Saturday, January 20, 2018

Bisnis Impian



UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK

BISNIS IMPIAN "Renanstore"




                                                 Disusun oleh;
Nama                    : Asriel Sihite
NPM                     : 21217012
Jurusan                : Akuntansi
Fakultas               : Ekonomi
Dosen                   : SRI RAKHMAWATI, SE.,MMA









DAFTAR ISI

Kata Pengantar..........................................................................  3
Bab I Pendahuluan....................................................................  4
Latar Belakang..........................................................................  4
Rumusan masalah.....................................................................  5
Tujuan.......................................................................................  5
Bab II Pembahasan...................................................................  6
Apa nama bisnis yang akan dibahas dalam makalah ini..........   6
Bagaimana sejarah dibuatnya bisnis tersebut..........................   7
Bagaimana menjual produknya...............................................  8
Kekurangan dan kelebihan bisnis ini......................................   9
Permintaan yang terdapat pada bisnis.....................................   9
Bab III Penutup........................................................................ 12
Kesimpulan..............................................................................  12
Daftar Pustaka..........................................................................  13
Lampiran................................................................................... 14










KATA PENGANTAR
           

            Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat-Nya, sehingga aktifitas  yang kita jalani dapat berjalan dengan baik dan lancar.

            Dengan bantuan-Nya sehingga makalah ini terselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan. Saya menyadari , didalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan serta banyak kekurangnya, baik dari segi tata bahasa maupun dalam hal pengkonsolidasian kepada dosen serta teman-teman sekalian, untuk itu besar harapan saya  ada kritik dan saran yang membangun untuk lebih menyempurnakan makalah saya dilain waktu.

            Harapan yang paling besar dari penyusunan makalah ini adalah, mudah-mudahan apa yang saya susun ini  bermanfaat, baik untuk pribadi, teman-teman, serta orang lain yang ingin mengambil dan menyempurnakan lagi dari makalah ini.














BAB I
PENDAHULUAN

1.1.LATAR BELAKANG
Peluang usaha untuk mahasiswa adalah sesuatu yang dapat membuka mata tentang bagaimana mendapatkan penghasilan selagi masih muda dan berstatus mahasiwa, paling tidak agar kita sebagai mahasiswa bisa belajar untuk hidup mandiri dan mengurangi beban orang tua terhadap kita..
Mahasiswa sebenarnya mempunyai peran penting dan strategis dalam memajukan pembangunan dalam berbagai sektor. Sebagai mahasiswa tentu mempunyai kebanggaan tersendiri karena tidak setiap orang dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Dibutuhkan modal selain kreativitas, kecerdasan juga keuangan yang lebih.
Sebagai mahasiswa kita dituntut menjadi mahasiswa yang kreatif dan dapat menangkap peluang yang ada di sekeliling kita. Sudah banyak bukti orang yang sukses saat ini karena mereka merintis usahanya sejak masih muda dan masih berstatus mahasiswa.
Peluang usaha untuk mahasiswa adalah kegiatan bila dikerjakan dengan sungguh-sungguh akan dapat memberi keuntungan. Tentu saja melakukan peluang usaha untuk mahasiswa dibutuhkan ketekunan dan keuletan. Namun dalam menangkap peluang usaha untuk mahasiswa ada hal yang harus di perhatikan agar dapat mencapai keberhasilan.






1.2.RUMUSAN MASALAH
1.      Apa nama bisnis yang akan dibahas dalam makalah ini ?
2.      Bagaimana sejarah membuat bisnis tersebut?
3.      Bagaimana menjual produknya?
4.      Apa kekurangan dan kelebihan bisnis ini ?

1.3TUJUAN
1.      Mengetahui nama bisnis apa yang akan di bahas dalam makalah ini.
2.      Mengetahui sejarah membuat bisnis tersebut.
3.      Mengetahui bagaimana owner memasarkan produknya.
4.      Mengetahui apa kekurangan dan kelebihan bisnis ini.






















BAB 2
PEMBAHASAN

2.1 Apa nama bisnis yang akan dibahas dalam makalah ini?

Bisnis merupakan suatu organisasi yang menjual barang/jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba.Kata bisnis berasal dari bahasa inggris “business” dari kata busy yang berarti “sibuk” dalam konteks  individu,komunikasi ataupun masyarakat.
           
Dalam makalah ini saya akan membahas suatu bisnis yang menjadi impian saya.Dan dalam makalah ini saya tertarik membahas suatu bisnis elektronik yang telah ada beberapa tahun yang lalu yang menginspirasi saya.
           
Salah satunya adalah bisnis Renan Store yang didirikan oleh Renan Tan, yaitu gadis kelahiran 1993 blasteran Sunda – Tionghoa, yang di Instagram pengikutnya sudah lebih dari enam ratus ribu pengikut.
           
Perjalanan Renan dari awal juga tidak bisa dianggap remeh. Sama seperti orang sukses yang lainnya, dia juga harus jatuh bangun dan susah payah melewati kerasnya kenyataan.
           
Ini merupakan suatu inspirasi bagi saya dan mungkin juga bagi orang lain yang ingin memulai bisnis.Bagaimana tidak? Saya juga dibesarkan dikeluarga yang berbisnis namun pada makanan yaitu bisnis bakmi. 







2.2 Bagaimana sejarah dibuatnya bisnis tersebut?
           
Berawal dari inisiatif Renan saat perekonomian keluarga yang krisis saat Renan lulus dari SMA membuatnya memutar otak. Mimpinya untuk kuliah dan masuk kampus idaman harus dibuang jauh – jauh.
           
“Dari situ gua mulai mikir, nggak kuliah bukan berarti gua gak bisa sukses. Gue nggak mau kalah punya penghasilan dengan teman – teman gua yang nanti sudah pasti jadi sarjana.” Ujarnya
           
Renan yang usai lulus sekolah langsung memutuskan langsung kerja merasa kaget dengan dunia kerja yang tak semudah yang dibayangkan.
           
Karena Renan sebelumya di SMA,jadi yang dia pikirkan kalau langsung kerja harus lulusan SMK.Dari sejumlah penghasilannya beberapa ia sisihkan untuk membeli ponsel dan gadget idamannya.Saat itu dia memutuskan membeli HP Blackberry.
           
Kerja dan menabung terus dilakukan.Sampai suatu hari Renan tertarik dengan forum diskusi dan jual beli bernama KASKUS.Blackberry Onyx dia jual 2 juta,untung 200 ribu per HP.Hasil dibagi 2 dengan nyokap.
           
Butuh perjuangan dalam menjual HP.Ia harus kehujanan,kepanasan dan kemacetan dalam sistem Cash on Delivery(COD) ketemu langsung dengan pembeli.Selama berbulan-bulan ia melakukan hal tersebut.           
           
Sejak aktif di KASKUS dia juga belajar banyak tentang APPLE dan IPHONE di sebuah sub forum diskusi.Sampai suatu hari Renan dan Sera bertemu dengan satu link yang ternyata menerima importir Iphone ribuan unit. Renan dan Sera memulai mengimpor puluhan unit. Itupun mereka harus meminjam modalnya kesana kemari. Dari situ bisnisnya berjalan lancar. Laku dengan cepat dan mereka mulai meningkatkan frekuensi impor menjadi ratusan unit. Dari situ Renan dan Sera konsisten membuat nama bisnis baru, jadilah Renan Store.

2.2 Bagaimana menjual produknya?

Renan mulai menjual produknya pertama kali di sebuah situs kaskus, lalu dia mulai merambah bisnisnya ke dalam dunia maya yaitu melalui Instagram dan link website milik mereka sendiri, dimana konsumen bisa memesan secara online melalui website atau istagram mereka. Lalu setelah bisnis onlinenya berkembang, Renan Store mulai membuka toko fisik di beberapa wilayah untuk menjual produknya secara langsung kepada konsumen. Toko fisik yang dimiliki Renan Store berada di daerah Cibubur, Tangerang, Bandung, dan Bogor.
Harga yang produk Apple atau Iphone di Renan store bervariasi mulai dari’ Rp.900.000 – Rp.22.600.000..



                                    




2.3 Apa Kelebihan dan Kekurangan dari produknya?

Kelebihan
·         Harga lebih murah dari toko atau situs web lain
·         Lebih mudah dalam pemesanan dan pengiriman
·         Dapat dipercaya karena bisa datang langsung ke toko nya

Kekurangan
·         Membuat percaya customer untuk membeli direnan sangat sulit.
·         Membutuhkan modal yang besar karena harga produk apple sendiri sangatlah mahal.




2.4. Permintaan yang terdapat dalam bisnis

Permintaan negatif
·         Pengertian: Permintaan negatif adalah dimana keadaan pasar menginginkan suatu produk namun pasar tidak menyukai produk yang dipasarkan.
·         solusinya: menganalisa mengapa pasar tidak menyukai produk tersebut dan apakah program pemasaran yang terdiri dari perancangan ulang produk, harga yang lebih rendah, promosi yang lebih baik, dan dapat mengubah keyakinan dan perilaku pasar.

Permintaan positif
·         Pengertian: adalh kebalikan dari permintaan negatif dimana konsumen menyukai produk kita
·         Solusinya: tetap berinovasi supaya produk yang kita jual makin laku di pasaran



Permintaan tidak teratur
·         Pengertian: adalah terdapatnya permintaan yang berubah-ubah secara musiman atau harian bahkan setiap jam, sehingga menimbulkan masalah kelebihan atau kekurangan kapasitas.
·         Solusinya: pemasaran adalah mencari jalan untuk mengubah pola permintaan yang sama melalui penetapan harga yang fleksibel, promosi dan insentif lainnya. Ini yang disebut dengan synchromarketing.



Permintaan teratur

·         Pengertian:adalah tepatnya permintaan berjalan secara teratur sehingga produsen bisa mengendalikan pemasaran produknya dengan baik.
·         Solusinya: pemasaran terus melihat perkembangan permintaan produknya sehingga bisa meminimalisir terjadnya kelebihan atau kekurangan produk yang ingin di beli konsumen.

Permintaan penuh
·         Pengertian: bila perusahaan mengalami kepuasan dengan volume bisnis mereka.
·         Solusinya: mempertahankan tingkat permintaan saat ini ditengah perubahan preferensi konsumen dan peningkatan persaingan.

Permintaan tidak penuh
·         Pengertian:bila perusahaan mengalami ketidakpuasan dengan volume bisnis yang  ia jalani
·         Solusinya: berinovasi terhadap produk yang ia jual supaya bisa terus bersaing di pasaran




Permintaan musiman
·         Pengertian:permintaan yang terjadi musiman  karena barang atau produk itu hanya ada di momen momen tertentu.
·         Solusinya: penjual harus pintar pintar dalam melihat peluang bisnis di pasaran sehingga ketika produk atau barang itu ada pada musimnya penjual bisa menjual produk atau barangnya.

Permintaan tidak musiman
·         Pengertian: kebalikannya dari permintaan musiman yaitu barang atau produk selalu tersedia di pasaran.
·         Solusinya:  pemasaran harus selalu memantau tingkat permintaan produk yang ia jual supaya ketika konsumen membeli produk tidak kehabisan.


















BAB III
PENUTUPAN

3.1 KESIMPULAN
            Membuat bisnis impian tidaklah mudah. Tetapi sebagai mahasiswa kita harus mulai sejak dini untuk membuat bisnis impian dan belajar bisnis sedikit demi sedikit. Bisnis impian akan terwujud ketika kita mempunyai kemauan dan kreativitas.
          Dari makalah ini kita mengetahui bahwa Renan memulai bisnis nya dari nol,dan sukses nya bisnis nya tersebut atas banyak nya pengalaman nya di dunia kerja yang dia jalani dan selalu tekun menjalaninya.Kita belajar dari beliau bahwa yang segala sesuatu yang kita jalani dengan yakin,tekun,dan pastinya ada kemauan akan membuahkan hasil yang baik.
         
           















DAFTAR PUSTAKA














LAMPIRAN
·       Berikut ini contoh daftar harga hp di renanstore
     
·       Tempat Renanstore
·       HP di Renanstore



















No comments:

Post a Comment